Khasiat dan Manfaat Melinjo

Melinjo yang sering digunakan untuk membuat sayur asam memiliki nama latin Gnetum gnemon Linn. Sebenarnya melinjo ini pun memiliki banyak nama, Seperti misalnya dalam bahasa sunda disebut tangkil, bahasa jawa disebut belinjo, bahasa melayu disebut bago.

Melinjo memiliki banyak manfaat baik itu bijinya, daun, kulit bahkan batang kulitnya. Contohnya;

  • biji melinjo; untuk bahan baku membuat emping
  • daunnya; digunakan daun yang muda untuk membuat sayuran seperti sayur asem
  • kulitnya; sering dibuat sebagai abon
  • batangnya; sering digunakan untuk membuat papan alat rumah tangga

Walaupun diketahui bahwa melinjo dapat memicu asam urat karena mengandung purin yang tinggi, asalkan tidak berlebihan sebenarnya melinjo bermanfaat dan berkhasiat sebagai antioksidan yang tinggi karena dapat menangkal radikal bebas dan dapat disetarakan dengan vitamin C.

Selain itu melinjo juga bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau kelahiran. Adapun ramuan tradisonal kuno ini baik digunakan apabila kandungan telah memasuki 8 1/2 bulan. Caranya;

Ambillah beberapa lembar daun melinjo yang tidak terlalu muda ataupun terlalu  tua. Cuci bersih lalu iris tipis secara melintang dan jemurlah dibawah terik matahari sampai benar – benar kering. Kemudian seduhlah daun melinjo yang telah kering tersebut dengan air panas seperti halnya membuat teh. Minumlah ramuan setiap 2 kali dalam satu hari dan lakukan hal ini sampai menjelang proses kelahiran.

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Khasiat dan Manfaat Melinjo”

  1. intanps says:

    posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
    ditunggu ya ^^

Leave a Reply

*